Template by:
Free Blog Templates

Selasa, 09 Februari 2010

Microsoft Excel

Microsoft excel adalah suatu program aplikasi dibawah system operasi windows yang telah cukup lama beredar dan digunakan oleh pemakai program-program computer.

Program ini digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah serta tugas tugas berupa Spreadsheet (lembar kerja). Sedangkan perkembangan Microsoft Excel itu sendiri di mulai dengan Microsoft Excel 4.0 dimana program ini mempunyai fasilitas andalan yaitu mempunyai kemampuan untuk menyimpan file dalam bentuk Worksheet dan Workbook, sehingga memudahkan pemakai jika mempunyai beberapa table yang tersimpan dalam sheet yang berbeda-beda dapat disatukan ke dalam satu buah file Workbook.

Sejalan dengan semakin kompleksnya kebutuhan pemakai untuk menyelesaikan tugas-tugas spreadsheet secara cepat dan efisien, Microsoft sudah meluncurka produk Microsoft excel 5.0 yang di sertai dengan kemudahan-kemudaha, terutama untuk mengolah database. Perkembangan yang paling akhir adal diluncurkannya Microsoft excel 97 dan Microsoft 2000 untuk mengantisipasi kemampuan dan keunggulan system operasi windows 97/98.


Mengaktifkan aplikasi Microsoft excel.

  • Memulai Microsoft excel :

*Klik menu start
*Bawa pointer ke menu program
*Klik program Microsoft excel.

Setiap mengaktifkan Microsoft excel, akan di berikan sebuah layer kerja :


  • Baris Judul (Title Bar)

Pada baris judul tercantum nama program yaitu Microsoft Excel dan Book 1 yang dikerjakan.

  • Baris Menu ( Menu Bar)

Merupakan tempat anda memberikan perintah- perintah utama excel.

  • Toolbar Standar

Merupakan baris yang tombol-tombolnya melambangkan perintah standar. Suatu perintah cukup diberikan dengan mengklik tombol yang melambangkan perintah tersebut.

  • Toolbar Formating

Merupakan baris berisi tombol-tombol yang melambangka perintah-perintah format. Suatu perintah cukup di berikan dengan mengklik tombol yang melambangkan perintah tersebut.

  • Formula Bar

Tempat kita menuliskan perintah berupa rumusan atau perintah perhitungan. Ketiak anda memasukkan informasi ke dalam suatu sel, apapun yang anda ketikan akan muncul dalam Formula Bar.

  • Sel

Setiap halaman dalam suatu buku kerja berupa lembar kerja yang terpisah dan setiap lembar kerja tersusun dari kisi-kisi yang berisi kolom-kolom yang berurut sesuai abjad dan baris-baris bernomor, pada perpotongan baris dan kolom, keduanya membentuk kotak yang di sebut sel, setiap sel memiliki identitas yang terdiri dari abjad kolom dan angka baris (A1,B3, C4 ,dst). Pemilihan sel adalah petunjuk sel aktif.

  • Nama Kolom

Kolom : kolom dalam microsoft excel di tandai dengan abjad-abjad yang terletak di bagian atas suatu lembar kerja. Microsoft excel memiliki kolom sebanyak 256 yaitu dari kolom A-IV.

  • Nama Baris

Baris : baris dalam microsoft excel dintandai dengan abjad-abjad yang terletak di bagian atas suatu lembar kerja dan terletak secara vertikal. Microsoft Excel memiliki baris sebanyak 65536 baris yaitu dari 1 sampai dengan 65536.

  • Sheet

Worksheet (lembar kerja) terdapat di dalam Workbook (file), nama lembar kerja microsoft excel ditampilkan di bagian bawah lembar kerja, nama lembar kerja default adalh “Sheet n” dimana n adalah nomor urut lembar kerja. Anda dapat mempunyai woksheet 1 sampai dengan 255 worksheet dalam sebuah workbooks.

  • Merubah lembar kolom

Prosedur untuk mengatur lembar kolom adalah dengan menggeser garis batas kolom (grid) yang terletak pada sisi kanan judul kepala kolom sampai batas lembar tertentu yang di inginkan, ketika anda menggeser garis batas kolom, kotak penunjuk akan tampil dan menunjukan lembar kolom.



Arahkan pointer mouse pada garis judul kepala kolom bagian kanan, tekan tahan tombol mouse kemudian geser sampai lembar kolom tertentu yang anda inginkan atau bisa langsung di double klik.

Memberikan Lembar Kolom Default
1. Untuk mengatur lembar kolom default untuk semua worksheet dalam workbook, pilih semua worksheet.
2. Pada menu format, pilih column, dan kemudian klik Standart Width tampil kotak dialog Standart Width.


  • Mengubah Tinggi Baris.

Prosedur yang dapat anda gunakan untuk mengubah tinggi baris adalah dengan menggeser garis batas baris yang terletak pada bagian bawah judul kepala baris sampai batas tinggi tertentu yang anda inginkan.


Arahkan pointer mouse pada garis batas judul kepala baris bagian bawah, tekan dan tahan tombol mouse kemudian geser sampai tinggi baris yang anda inginkan.

Memberikan Tinggi Baris Default
1. Untuk mengatur tinggi baris default untuk semua worksheet dala workbook. Pilih semua worksheet.
2. pada menu format, pilih row dan kemudian klik Standard Height, tampil kotak dialog Standard Height.

Menghapus Baris dan Kolom
Untuk menghapus baris dan kolom ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih salah satu sel dimana baris atau kolomnya akan anda hapus.
2. Dari menu Edit, pilih perintah Delete atau klik kanan pada mause lalu pilih delete.

3. Aktifkan tombol pilihan Entire Row untuk menghapus Baris atau Entire column untuk nmenghapus kolom.
4. Klik Ok

Menyisipkan Baris dan Kolom
Untuk menyisipkan baris dan kolom kosong ikuti langka berikut :
1. Pindahkan posisi sel akif ke salah satu alamat sel di mana baris atau kolom baru yang akan di sisipkan.
2. I : Dari menu Insert, pilih perintah Columns untuk menyisipkan kolom, atau pilih perintah Rows untuk menyisipkan baris.
3. II : Klik kanan pada mouse lalu pilih Insert dan akan menampilkan kotak dialog insert.

4. Aktifkan tombol pilihan Entri Row untuk menyisipkan baris atau Entire Column untuk menyisipkan kolom
5. Klik OK

Bekerja Dengan Worksheet

Mengolah Worksheet
Pada saat anda bekerja dengan workbook anda dapat menggati nama worksheet, menyalin satu atau beberapa worksheet dan hasil salinannya bisa anda tempatkan pada workbook yang sama atau pada workbook lain, selain itu anda juga bisa mengatur urutan worksheet pada suatu workbook dengan memindahkan urutan worksheet tersebut andadapat juga memindahkan suatu worksheet ke workbook lain.

Memilih Worksheet
Anda dapat memilih worksheet tunggal dengan cara mengklik pada bagian tabulasi sheet yang di inginkan, tabel berikut ini menunjukan perintah-perintah yang dapat anda gunakan untuk memilih sheet yaitu :
* Sheet tunggal : Klik tabulasi Sheet
* Dua atau lebih sheet yang letaknya berdekatan : klik tabulasi untuk sheet yang pertama tekan dan tahan SHIFT dan klik tabulasi untuk sheet terakhir.
* Dua atau lebih sheet yang letaknya tidak berdekatan : Klik tabulasi untuk sheet yang pertama tekan dan tahan CTRL dan klik tabulasi-tabulasi untuk sheet lain.
* Semua sheet dalam Workbook : Klik kanan pada mouse sebuah tabulasi sheet, klik Select ALL Sheets.

Menyisipkan Worksheet
Untuk menyisipka worksheet ikuti langkah berikut :


* Pilih menu Insert
* Pilih Worksheet

Sebuah worksheet baru akan di sisipkan di sampinh kiri worksheet aktif dengan nama sheet yang diikuti nomor sheet berikutnya.

Menghapus Worksheet
Untuk menghapus sejumlah worksheet yang sudah tidak anda gunakan lagi dari sebuah workbook yang terbuka dapat anda lakukan dengan langkah berikut ini :
1. Pilih sejumlah tabulasi sheet yang akan dihapus dalam workbook yang terbuka.
2. pada menu edit, klik perintah Delete Sheet atau klik kanan pada mouse di wroksheet yang akan dihapus , sehingga akan tampil kotak dialog.

3. plih ok untuk memutuskan penghapusan sheet atau pilih Cancel untuk membatalkan proses, hati-hati dalam menghapus worksheet yang anda miliki karena proses penghapusan worksheet bersifat permanen atau proses penghapusan suatu worksheet tidak dapat dibatalkan dengan perintah Undo.

0 komentar:

Posting Komentar